Kamu pasti sudah banyak dengar, baca, dan kemungkinan besar, juga mengalami langsung banyak manfaat dari essential oil. Yang mungkin sekarang bikin kamu bertanya, apa bisa kita menggunakan essential oil untuk anak-anak juga. Jawabannya adalah YA, tetapi diikuti oleh TAPI yang besar — yaitu kamu juga perlu tahu bagaimana cara menggunakannya dengan benar.

 

Tips Menggunakan Essential Oil Pada Anak-Anak

Essential oil diproduksi dari ekstrak tanaman — dari daun, bunga, biji, akar, atau kulit kayu nya. Essential oil memiliki wangi yang kuat dengan efek yang sama kuatnya. Jadi, kita harus hati-hati saat menggunakannya di sekitar anak-anak.

 

Encerkan Essential Oil Terlebih Dulu

Setiap kali kamu akan menggunakan essential oil pada kulit – untuk aplikasi topikal ataupun untuk mandi – selalu cairkan dengan minyak pembawa seperti VCO atau minyak kelapa murni atau bisa juga dengan minyak Argan. Kontak kulit secara langsung dengan essential oil bisa menyebabkan iritasi kulit karena konsentrasinya yang kuat. Selain itu, mengencerkan essential oil juga memungkinkan kulit untuk menyerapnya dengan lebih baik.

Tingkat pengenceran bervariasi berdasarkan usia anak. Tidak disarankan untuk menggunakan essential oil pada bayi yang baru lahir, tetapi untuk bayi berusia 3 bulan hingga 2 tahun, kamu bisa encerkan essential oil sebesar 0,25%. Untuk usia 2 hingga 6 tahun, disarankan pengenceran 0,5% hingga 1%. Sementara untuk usia 7 tahun ke atas, kamu bisa menggunakan tingkat pengenceran yang sama seperti orang dewasa, yaitu sebesar 2% hingga 2,5%. Cek panduan pengenceran essential oil kami untuk lebih jelasnya.

 

Lakukan Test Patch

Sebelum menggunakan essential oil pada anak, kamu wajib mencobanya terlebih dahulu dengan melakukan test patch. Amati bagaimana kulit anak bereaksi selama 24 jam.

 

Jangan Menelan Minyak Esensial

Essential oil paling baik digunakan melalui metode aromaterapi dan/atau aplikasi topikal. Essential oil belum mengalami peroses pembersihan lanjut untuk bisa secara aman dikonsumsi oleh anak-anak ataupun orang dewasa.

 

Gunakan Essential Oil di bawah Ini Untuk Anak-Anak

Essential oil ini termasuk yang ramah pada anak. Kamu bisa gunakan dengan mengikuti tingkat pengenceran yang tepat untuk anak-anak.

Blue Tansy

Lavender

Cedarwood Himalayan

Neroli

Tea Tree

Rose Geranium

Chamomile Mawar

Lemon

Sweet Orange

Frankincense

Vetiver

Ginger

Patchouli

Bergamot

Sereh

Clary Sage

Marjoram

Selasih

 

Essential Oil yang Harus Dihindari

Essential oil di bawah ini dianggap terlalu kuat dan tidak aman untuk anak-anak. Jangan menggunakannya dengan cara apa pun untuk anak-anak.

Cengkih

Bawang putih

Serai

Melissa

Oregano

Wintergreen

Kayu putih

Peppermint

Rosemary

 

Temukan kebutuhan aromaterapi mu di Utama Spice.

Anak-anak pun juga bisa mendapatkan keuntungan dari manfaat penggunaan essential oil, tetapi pastikan juga untuk tetap menggunakannya dengan aman. Ikuti tips ini untuk menggunakan essential oil secara aman pada anak-anak.

Shares

Pin It on Pinterest

Cart
  • No products in the cart.
WhatsApp chat