Essential oil memang menawarkan banyak manfaat untuk kesehatan dan perawatan kulit. Namun, essential oil juga merupakan cairan yang sangat kuat yang dapat dengan mudah mengiritasi kulit jika tidak digunakan dengan benar. Sudah menjadi rahasia umum bahwa essential oil harus diencerkan sebelum digunakan, terutama ketika digunakan langsung pada kulit (aplikasi topical). Tapi apakah kamu sudah tahu cara mengencerkan essential oil yang benar? Jangan mempertaruhkan kesehatan kamu ataupun keluarga. Ikuti panduan pengenceran essential oil ini dari Utama Spice.

 

Mengencerkan Minyak Esensial 

Ketika menggunakan essential oil secara topikal selalu dianjurkan untuk diencerkan terlebih dulu agar terhindar dari iritasi dan efek samping merugikan lainnya. Kalau kamu menggunakan essential oil dalam diffusers atau dalam aplikasi lain yang menghindari kontak langsung dengan kulit, biasanya essential oil tidak perlu diencerkan.

Seperti disebutkan sebelumnya, konsentrasi essential oil sangatlah kuat, sehingga kontak langsung dapat menyebabkan iritasi pada kulit, meskipun kamu tidak memiliki kulit sensitif. Selain itu, pengenceran ini membuat essential oil lebih aman untuk digunakan pada anak-anak dan wanita hamil. Namun ada beberapa essential oil yang masih belum direkomendasikan untuk penggunaan pada anak-anak atau wanita hamil terlepas dari apakah mereka telah diencerkan atau belum. Essential oil yang diencerkan juga akan memberi kulit waktu lebih untuk menyerapnya sebelum menguap, dan memungkinkan minyak untuk menyebar ke area yang lebih luas sehingga proses penggunaannya jadi lebih ekonomis.

 

Dengan Apa Sebaiknya Essential Oil Diencerkan?

Essential oil biasanya diencerkan dengan minyak pengencer atau yang biasa dikenal sebagai minyak pembawa. Beberapa contoh minyak pembawa yang baik adalah VCO atau virgin coconut oil, Argan oil, Jojoba oil, Rosehip Oil, dan Tamanu oil. Menggunakan minyak pembawa juga memberikan ekstra manfaat pada essential oil karena biasanya minyak pembawa ini juga memiliki sifat yang banyak bermanfaat bagi kulit dan rambut kita. Menggunakan kombinasi minyak pembawa untuk mengencerkan essential oil adalah cara yang paling baik untuk membuat beberapa produk perawatan kulit DIY dengan efek yang menakjubkan.

 

Cara Mengencerkan Essential Oil

 

Pengenceran 1% 2% 3% 5% 10%
1 sdt minyak pembawa 1 tetes EO 2 tetes EO 3 tetes EO 5 tetes EO 10 tetes EO

 

Berikut adalah faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan ketika memutuskan untuk melakukan pengenceran. Perlu diingat, bagaimanapun juga ada beberapa essential oil yang lebih kuat daripada yang lain, dan mungkin harus digunakan pada konsentrasi yang lebih rendah.

 

0.25% (1 tetes EO dengan 4 Sdt Minyak pembawa) Untuk anak-anak berusia 3 bulan hingga 2 tahun. Konsultasikan cara penggunaan essential oil yang aman pada anak-anak.
1% Untuk anak-anak berusia 2 hingga 6 tahun. Untuk aplikasi wajah pada orang dewasa dengan kulit sensitif.
2% Untuk anak-anak berusia lebih dari 12 tahun dan orang dewasa. Untuk digunakan pada tubuh (yaitu, minyak tubuh, minyak pijat, krim).
3%-5% Untuk perawatan titik tubuh (yaitu, untuk nyeri tubuh, memar, dan kemacetan).
10% Untuk perawatan titik tubuh, tetapi hanya digunakan kalau pengenceran yang lebih rendah tidak efektif. Tidak untuk digunakan terlalu sering.

 

Utama Spice memiliki koleksi essential oil dan minyak pembawa untuk berbagai tujuan terapeutik.

Deskripsi meta: Essential oil memang menawarkan banyak manfaat tapi mereka juga bisa mengiritasi kulit jika tidak diencerkan dengan benar. Ikuti panduan pengenceran essential oil Utama Spice.

Shares

Pin It on Pinterest

Cart
  • No products in the cart.
WhatsApp chat